STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN MADRASAH
Nama Madrasah yang akan didirikan : Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi
Nama Calon Kepala Madrasah : ARKADIUS, S.Pd
Alamat Kepala Madrasah : Desa Kuala Mulia
Alamat madrasah :
Jl. Lintas Rengat- Tembilahan Km.23
Nama Yayasan penyelenggara : Yayasan Sari Jaya Ilmu (YSJI)
Alamat Yayasan penyelenggara : Desa Kuala Mulia
Nama Notaris Pembuat Akte : EKA ELIYAN YOSE, SH, M.KN
Pengesahan Akte Notaris : No. 62 / Tanggal 19 Juni 2015
SK Menteri Hukum dan HAM RI. :
Nomor AHU-0008588.AH.01.04 Tahun 2015
NPWP Yayasan :
73.227.284.4.-213.000
A.
Latar
belakang dan tujuan pendirian .
Salah
satu penyebab merosotnya kwalitas Masyarakat Indonesia adalah rendahnya mutu
pendidikan, yang dalam hal ini dapat diartikan sebagai kurang efektivitasnya
proses pembelajaran yang dikembangkan di sebuah lembaga. Penyebabnya adalah
berasal dari siswa itu sendiri, metode yang diterapkan, lingkungan belajar dan
faktor lainnya. Minat motivasi siswa yang rendah kemudian keterbatasan sarana
dan prasarana akan menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif dan efesien
yang endingnya akan memberikan dampak negatif bagi output lembaga yang
bersangkutan.
Berangkat
dari permasalahan ini. Yayasan Sari Jaya Ilmu.
Berinisiatif untuk mendirikan Madrasah
Ibtidaiyah (MI) “Nur Ilmi” yang
beralamat di Desa Kuala Mulia
Kecamatan Kuala Cenaku Kab Inhu-Riau.
Berawal dari pendirian Yayasan Sari Jaya Ilmu
(YSJI) pada tahun 2010, pada
mulanya hanya bergerak pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Komputer (Sari Jaya Komputer) yang sekarang telah berubah nama menjadi Yayasan Sari Jaya Ilmu (YSJI), dengan telah berdirinya Sebuah
Yayasan dan telah terdaftar pada menteri Hukum Dan HAM RI. Maka pengurus yayasan bermaksud medirikan sebuah Sekolah Madrasah yang bernuansa
Agama, dimana anak-anak Usia 6-12 Tahun dapat di tempa dengan ilmu Pengetahuan
agama dari jenjang yang Dasar.
Adapun Pendirian MI ini mempergunakan
Modal Awal dalam Pengurusan Akta dan Sebuah Bangunan Belum di
fungsikan Menggunakan Fasilitas Milik
Ketua Yayasan (M.Syeriful Ilmi) dan akan menyumbangkan Kebun Milik ketua Yayasan
Kepada yayasan + 2700 M2 yang berjarak 25 M dari Jalan Lintas
Rengat Tembilahan sehingga bisa di
manfaatkan untuk pembangunan Ruangan dan Lapangan Olah Raga sehingga bermanfaat
untuk Madrasah.
Untuk permodalan Awal dalam menjalankan Madrasah
Ibtidaiyah Ketua Yayasan Akan Menggunakan Fasilitas Usaha Pribadi Untuk
menopang Dana Selama 2 Tahun Yaitu Usaha
Foto
Copy dan Percetakan (Naila Copy Center) dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sari Jaya Komputer. Untuk menopang kegiatan
dan Admistrasi Pendidikan.
dari di lihat keadaan wilayah di kecamatan Kuala Cenaku
Madrasah Ibtidaiyah Hanya Ada Dua
Madrasah Yanga sangat Berjauhan dari Lokasi Tempat Berdirinya MI, yang Pertama
Mis Nurul Jum’ah Yang berada di desa Pulau Jum’at Dalam Yang berjarak Lebih
Kurang 4 KM dan yang Kedua Adalah Mis
Al- Ikhlas Tanjung Sari yang terletak di seberang Sungai dan berjarak +
4,5 KM dari Jalan Poros Sehingga Biaya Transfortasi Penyeberangan Sangat Besar.
Dan dilihat dari jumlah penduduk Desa
Kuala Mulia 500 Kepala Keluarga, yang setiap Tahunnya akan menyekolahkan
anaknya + 60 Orang.
Dan harapan Pengurus Yayasan setidaknya 30 orang
bisa masuk kesekolah Agama yang nantinya bisa mendapatkan Pendidikan Agama
Islam yang bisa menndidik Budi Pekerti dan Akhlak Anak sehingga menjadi Manusia
yang berguna bagi bangsa dan negara yang tetap memegang syariat Islam
Seiring dengan perkembangan pendidikan dewasa
ini sesuai dengan amanat Undang-undang bahwa setiap warga Negara berhak
mendapatkan pendidikan yang layak, tetapi pendidikan yang terjangkau masih jauh
akan dirasakannya bila keberadaan lembaga sekolah dengan jarak yang begitu jauh
dari keberadaan siswa-siswinya, tidak terbayangkan betapa pedihnya jika saat
ini anak-anak didik harus berjalan berkilo-kilo meter menempuh sampai ke
Sekolah melewati Jalan Raya yang bisa mengancam Keselamatan Anak .
Berangkat dari latar belakang tersebut kami
merasa terketuk hati bila seandainya kami dapat membangun dan mengembangkan
lembaga pendidikan untuk mereka mereka yang berada Jauh dari Sekolah dapat memasuki pendidikannya di Sekolah / Madrasah yang kami selenggarakan saat ini, kami secara sukarela membangun daerah
kami sendiri dengan kekuatan yang di miliki begitu terbatas, tetapi bagi kami
untuk menyelamatkan Pendidikan Agama Anak Usia Produktif tersebut
di atas dalam menempuh pendidikannya kami bersama-sama bermaksud
menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau baik secara materil maupun jarak
tempuh siswa-siswi.
Dasar –dasar Pendirian Madrasah Ibtidaiyah
diantaranya Pancasila
dan Undang – undang Dasar 1945, Undang – undang No 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Undang –undang
RI No 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan, dan Akta Pendirian Yayasan Sari Jaya
Imu
1. Tujuan
Mencermati
kebutuhan tentang dunia pendidikan
Agama yang ada di Madrasah di Desa Kuala Mulia
Kecamatan Kuala Cenaku dan berdasarkan data yang sampai dengan Tahun 2015 tentang siswa dan kesempatan siswa untuk
memperoleh layanan pembelajaran yang memadai, maka banyak hal yang akan
memerlukan Madrasah yang mudah
diakses dari berbagai penjuru dan meringankan biaya sekolah bagi keluarga yan
tidak mampu dan tidak terlepas dari kepedulian dari Instansi
terkait, untuk mendapat Surat Izin
Operasional dalam mencapai tujuan
demi peningkatan mutu pembelajaran Agama Islam, secara terperinci tujuan pendirian
Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi Sebagai Berikut:
a. Mempermudah Masyarakat Mendapatkan pendidikan yang
bernuansa Agama
b. Merperdekat jarak siswa/siswi dalam
menempuh perjalanan ke Madrasah.
c. Meningkatkan Sumber Daya Manusia
khususnya lingkungan sekitar Madrasah
d. Menciptakan budaya Madrasah yaitu
budaya Islami
e. Membentuk karakter yang berwawasan Imtaq dan Iptek dalam persaingan
Gobalisasi
2. Visi dan misi pendirian Madrasah
A.
Visi
Menyelenggarakan Pendidikan Yang
bermutu dan berwawasan Islam yang berpadu dengan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi serta
menjadikan Lulusan Madrasah memilki Skill Pengetahuan Umum dan Agama sehingga
Menjadi Tauladan Di Masyarakat
B.
Misi
1.
Terwujudnya lembaga pendidikan swasta yang bermutu.
2.
Terwujudnya Lulusan MI yang memiliki Dasar IPTEK /Komputer
sesuai kebutuhan zaman
3.
Terwujudnya lembaga pendidikan yang
Islami sesuai dengan faham ahlussunah waljamaah.
4.
Terwujudnya lembaga pendidikan yang terjangkau dan membanggakan bagi
masyarakat luas
5.
Terwujudnya siswa/siswi yang berprestasi dibidang Agama
dan Umum
3.
Rencana Program
a. Progaram
Jangka Pendek
1) Menyelesaikan Izin Opersaional MI Nur Ilmi Ke Kementrian Agama Wilayah Propinsi Riau.
2) Melengkapi Administrasi yang Guru dan Kepala Madrasah.
3) Pembangunan Gedung tahap pertama.
4) Mengkoordinir para donatur tetap
b. Program
Jangka Menengah.
1) Menyediakan Perpustakaan sebagai
sarana penunjang untuk meningkatkan minat bakat siswa dalam menambah
pengetahuan.
2) Pembangunan Gedung Tahap Kedua.
3) Menyediakan alat-alat Labolatorium
IPA dan Bahasa serta Alat-alat Olahraga.
c. Program
Jangka Panjang
1) Terwujudnya genersai yang bertaqwa
Kepada Allah SWT, Cerdas, Terampil, Propesional, Jujur dan berwawasan.
2) Terciptanya Sistem Komputerisasai
dalam pengolahan semua data dan Administrasi.
3) Penyempurnaan Program-Program yang
belum terselesaikan atau belum terlaksana.
B.
Bentuk
dan nama madrasah
Bentuk dari Madrasah ini
berbentuk sekolah Agama yang mana muatan Pembelajaran Agama Seperti Fiqih,
Al-Qur’an Hadits, SKI, Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab mencapai 40 % dan
pelajaran Umum Mencapai 60% .
Sangat berbeda dari Sekolah Dasar (SD) yang umumnya
berdiri yaitu dengan muatan Pelajaran Agama Islamnya Hanya 2 Jam Pelajaran
(2x35 Menit) per Minggu, sehingga peserta didik sangat kurang mendapatkan
Pendidikan Agama Sehingga akan berpengaruh Kepada Generasi Muda yang akan
datang.
Jenjang madrasah ini setingkat dengan Sekolah Dasar
(SD) yang umumnya Peserta Didik yang Masuk Kesekoah ini Berumur 6,5 Tahun sampai
9 tahun untuk Kelas I sesui dengan peraturan Pemerintah
1) Rencana nama madrasah.
Lembaga
pendidikan formal yang diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi yang
selanjutnya disingkat MI. Nur
Ilmi.
Madrasah
Ibtidaiyah berlokasi di bawah naungan Yayasan Sari Jaya Ilmu (YSJI) Desa Kuala Mulia Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri
Hulu-Riau.
Pada
prinsipnya Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi akan Beroperasi Juni 2016 dan
telah telah berupaya menyusun dan melaporkan Kekantor
Kementerian Agama Agar mendapat Legalitas Resmi walaupun secara prosedural idzin opertasional
belum turun.
Nama Madrasah Ibtidaiyah (MI) kami beri nama Dalam Bahasa Arabnya “Nur Ilmi
“ yang artinya cahaya ilmu, karena harapan kami nantinya MI akan menjadi sumber
pencerahan dalam memperoleh ilmu pengetahuan, dan sangat diminati sehingga akan
menjadi yang terdepan dlam proses pembelajaran dan kualitas peserta didik.
Membina
dan mengantarkan rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar pada
khususnya pada jenjang pendidikan yang lebih bermutu, berwawasan luas,
berakhlaqul karimah dalam rangka usaha mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan
tercapainya tujuan pendidikan nasional.
2)
Logo dan slogan madrasah.
3) Penelasan tentang
arti filosofisnya
Isi Lambang MI Nur Ilmi :
1.
Lingkaran
Hijau ditengah Perisai Bunga Matahari segi lima
2.
Tali melingkar
yang terikat
3.
Matahari
berwarna Putih yang bersinar
4.
Bunga Teratai
yang mekar
5.
Dua Tangan yang
menengadah seperti berdo’a
6.
Bintang terletak di tepi kiri dan kanan Tangan.
7.
Cahaya Merah
Lilin
8.
Pena sebagai
Alat Tulis
9.
Tangkai kapas dan padi terdapat 17 kuntum bunga kapas dan 45 butir padi.
10.
Lembaran kitab suci.
11.
Kitab suci di atas alas
terletak di tengah-tengah lambang.
12.
Nama Yayasan
Tempat MI brnaung “Yayasan
Sari Jaya Ilmu” ditulis dalam pita di bawah kitab suci.
Warna Lambang MI Nur Ilmi :
1.
Perisai Bunga Matahari bagian dalam berwarna hijau muda dan Pinggir tepi Perisai Segi Lima berwarna Hitam
Gelap
2.
Dasar tengah Lingkaran berwarna hijau tua
3.
Tali
bersimpul berwarna Putih
4.
Matahari yang
bercahaya terang berwarna Putih
5.
Bunga Teratai
Berwarna Putih
6.
Cahaya Lilin
berwarna Merah
7.
Pena / Alat
Tulis berwarna Hijau
8.
Dua buah Bintang berwarna kuning emas
9.
Bunga kapas berwarna hijau
putih
10.
11 baris tulisan dalam kitab suci berwarna hitam
11.
Padi berwarna kuning emas
12.
Kitab suci berwarna kuning emas
13.
Alas kitab suci berwarna hitam
14.
Kalimat “Yayasan Sari Jaya Ilmu”
berwarna hitam
15.
Pita berwarna Putih
Makna warna-warni dalam Lambang Kementerian
Agama adalah sebagai berikut :
1.
Lingkaran
Berwarna Hijau adalah Gambar
bola dunia
serta warna hijau
melambangkan kesuburan tanah air Indonesia, yang melambangkan tempat hidup, tempat berjuang,
dan beramal di dunia ini dan melambangkan pula bahwa asal kejadian manusia itu
dari tanah dan akan kembali ke tanah. Bola Dunia melambangkan keluasan ilmu pengetahuan serta kedinamisan. Makna
yang terkandung didalamnya adalah MI Nur Ilmi Sumber Ilmu serta bertekad
mencetak generasi yang berilmu pengetahuan kelas dunia dengan mengikuti
kedinamisa perkembangan zaman
2.
Tali berwarna
putih warna putih
melambangkan kesucian yang bersimpul bermakna melambangkan persatuan yang kokoh, kuat; Dua ikatan di bawahnya merupakan lambang
hubungan antar sesama manusia dengan Tuhan;
3.
Matahari
Bercahaya Putih, Warna putih bermakna pencapaian diri, dan kesederhanaan Istilah « terang » atau « cahaya » banyak
terdapat dalam Al-Qur’an Seperti Kata
“NUR”, yang
bermakna memancarkan cahaya bagi seluruh ummat Islam yang
mau Berusaha Mendapat Ridho Allah dan
menaati semua peraturan Agama Islam yang
Dipelajarinya
4.
Bunga Teratai Putih Berwarna Putih Melambangkan Kesucian Jiwa, Bunga teratai hidup di
dalam lumpur dan mekar diatas air hal ini membuktikan bahwa bunga teratai tetap
tumbuh dengan keindahan dan kebersihannya tanpa dipengaruhi oleh lingkungan
yang kotor. Begitupula MI Nur Ilmi dengan segala macam bentuk Pekerjaan, tetapi
selalu menunjukkan hasil yang terbaik. Seperti bunga pula MI Nur Ilmi selalu
memiliki hasrat untuk berkembang kearah yang lebih maju mencerminkan percepatan
peningkatan kompetensi Peserta Didik yang Belajar Di MI Nur Ilmi
5.
Cahaya Lilin
Berwarna Merah terletak diatas Pena yang bermakna Warna merah melambangkan
keberanian, walaupun kita dalam gelap
ilmu tetap bisa di dapat dan di pelajari
6.
Penaberwarna Hijau
melambangkan
Kesuburan dan Kemakmuran Pena melambangkan
keilmuan, terletak pada bagian tengah logo melambangkan inti dari institusi
pendidikan. Makna yang terkandung
didalamnya adalah MI Nur Ilmi
mengedepankan ilmu pengetahuan sebagai tujuan utama pendidikan serta menjadikan
sekolah sebagai tempat menimba ilmu pendidikan
7.
Dua Bintang bersudut lima Lambang bintang bermakna
semangat untuk terus menjadi lebih baik dari segala aspek : yang pertama bintang yang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang harus dijalankan Lima Rukun Islam, Bintang yang kedua melambangkan dalam Pancasila, bermakna
bahwa Semua Guru dan Staf serta
Kariawan MI Nur Ilmi harus menta’ati dan menjunjung tinggi norma-norma
agama dalam melaksanakan tugas Pemerintahan dalam Negara Republik Indonesia
yang berdasarkan Pancasila.
8.
17 kuntum bunga kapas, 8 butir
tulisan dalam kitab suci dan 45 butir padi bermakna Proklamasi Kemerdekaan
Negara Indonesia. Menunjukkan kebulatan tekad para Karyawan Kementerian Agama
untuk membela Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang
diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
9.
Kitab suci bermakna bahwa
pedoman hidup dan kehidupan yang serasi antara kebahagiaan duniawi dan ukhrowi,
materiil, dan spirituil dengan ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.
10. Alas kitab suci bermakna bahwa pedoman hidup dan kehidupan harus
ditempatkan pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan potensi dinamis dari
kitab suci.
11.
Kata “Sari
Jaya Ilmu” Adalah Yayasan Penyelenggara Pendidikan Yayasan
Akan mengabdi
kepada masyarakat dan Negara berlandaskan niat beribadah dengan tulus dan
ikhlas.
12.
Pita Warna Putih melambangkan Kesucian dan Kebersihan melambangkan
fleksibelitas (keluwesan) Makna yang terkandung
adalah bersifat terbuka, objektif, fleksibel dan siap menerima kritik yang
konstruktif (membangun).
13.
Perisai Bunga Matahari Pinggir hitam pada logo bermakna perlindungan, kekuatan yang bersifat
tegas sama sisi dimaksudkan bahwa kerukunan hidup antar sesama baik Golongan di negara Republik Indonesia yang berdasarkan
Pancasila
14.
Kelengkapan makna lambang MI Nur Ilmi Motto :
“Dengan iman yang teguh dan hati yang suci serta menghayati dan mengamalkan
Pancasila yang merupakan tuntutan dan pegangan hidup dalam kehidupan
bermasyarakat dengan Motto “apa saja perbutan yang bisa memberi manfaat
kepada sesama itu adalah Ibadah”.
C.
Gambaran
tata ruang lokasi madrasah
1. Standar keamanan, kesehatan, keindahan, dan
kemudahan akses.
Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi sangat menjamin keamanan warga sekolah dari terjadinya ancaman bahaya dan kecelakaan. Keamanan Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi meliputi lingkungan madrasah yang kondusif (gedung sekolah,
kelas, peralatan dan halaman), serta warga sekitar yang harmonis. Warga Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi sebisa mungkin selalu berusaha menciptakan keamanan dan
menjaga sekolah dari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi kepada fisik
maupun psikis warga madrasah dengan membentuk tim keamanan Madrasah.
Keamanan
Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi dilihat dari struktur bangunannya masih kuat dan
kokoh, jauh dari kemungkinan terjadinya insiden kecelakaan akibat bangunan
rusak seperti benda-benda
yang jatuh, termasuk
bahan-bahan
berbahaya, baik di dalam maupun di luar bangunan. Sarana dan prasarana yang baik yang mampu
melindungi warga sekolah dan lingkungan disekitarnya dari bahaya bencana.
Desain ruangan madrasah memudahkan untuk mengevakuasi orang dalam
keadaan darurat secara aman dari dalam
bangunan ke tempat yang lebih aman (pintu cukup, mudah dibuka, jalan darurat).
Lingkungan Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi sangat bersih dengan menyediakan tempat pembuangan sampah
berupa tong-tong sampah dan tempat pengumpulan sampah akhir yang dijaga petugas
kebersihan Madrasah. Selain itu disediakan juga sistem sumur resapan air untuk
mengaliri air hujan agar tidak menjadi genangan air yang dapat menjadikan kotor
lingkungan Madrasah, atau bahkan membahayakan apabila didiami oleh
jentik-jentik nyamuk.
Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi mempunyai lingkungan yang bersih, sehat serta indah dengan
dihiasi tanaman-tanaman hias, dan pohon-pohon rindang yang menyejukkan. Adapun
kriteria Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi sebagai berikut:
a. Kepadatan ruang kelas yang nyaman dan memberi ruang gerak yang cukup
bagi siswa, kondisi kelas yang tidak padat sehingga memudahkan prosedur
evakuasi saat keadaan darurat.
b. Tingkat kebisingan di lingkungan sekolah 45 desibel (setara dengan
suara orang mengobrol dengan suara normal)
c. Memiliki lapangan olah raga.
d. Memiliki lingkungan sekolah yang bersih, rindang dan nyaman.
e. Memiliki sumber air bersih yang memadai.
f. Memiliki ventilasi kelas yang memadai.
g. Pencahayaan kelas yang
memadai (harus cukup terang).
h. Memiliki kantin sekolah yang memenuhi syarat kesehatan.
i.
Memiliki toilet dan kamar mandi
bersih.
j.
Menerapkan kawasan tanpa rokok
di lingkungan sekolah.
k. Berikut Lampiran gambar tata ruang Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi :
2. Gambar layout/master plan pengembangan madrasah
kedepan
3. Gambaran kondisi geografis lokasi madrasah
MI Nur Ilmi ini terletak di sebelah selatan Kecamatan Kuala Cenaku dan berjarak kurang lebih 1 km dari POLSEK Kuala Cenaku dan berbatasan langsung dengan Jalan Lintas. Adapun batas-batas wilayah MI Nur Ilmi adalah
sebagai berikut
a. Sebelah Timur dari arah Madarsah adalah Jalan Poros Lintas
Rengat- Tembilahan Perumahan Penduduk
b. Sebelah Barat yaitu daerah pesawahan tadah hujan
c. Sebelah Utara
yaitu Kebun
dan Kebun Penduduk dan
d. sebelah Selatan Yaitu Gang
Semenisasi Sepanjang 200 M yang Langsung Berbatasan dengan Tanah MI Nur Ilmi.
Pada umumnya
Diwilayah Kuala Mulia masyarakat memperoleh Hasil Utama adalah Kebun
Sawit, Pertanian dan Nelayan
Dalam pengelolaan hasil bumi daerah tersebut lebih banyak terdistribusi ke Pasar Kecamatan Kuala Cenaku
yang berjarak + 3,5 Km dari Madrasah yang kami selenggarakan dan keberadaaan
MI hanya berjarak 1 KM di perbatasan Kabupaten Indragiri Hilir.
Melihat dari data di atas, MI Nur Ilmi cukup
kondusif untuk mengadakan kegiatan pembelajaran, karena jauh dari keramaian,
transportasi yang menghubungkan madrasah dengan daerah sekitarnya juga tidak
sulit ditemui karena dekat dengan jalan raya, sehingga masih mudah dijangkau
oleh semua siswa dari segala penjuru. Dengan dekat dari pemukiman penduduk
diharapkan adanya kerja sama yang baik dan dapat memberikan dukungan dalam
bermasyarakat di luar sekolah secara langsung.
D. Keadaan Madrasah aman dari bencana
Lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi sangat
strategis dipandang dari salah satu faktor pendidikan, yaitu lingkungan yang
representatif, aman dan jauh dari keributan dan kebisingan seperti halnya di
kota, madrasah ini terletak jauh dari keramaian kota, kurang lebih 23 km dari kabupaten tepatanya lokasi Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi berada di Desa Kuala Mulia Kecamatan
Kuala Cenaku.
Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi di bangun di atas
struktur tanah yang kuat sehingga aman dari terjadinya longsor dan terhindar
dari Gunung Merapi, karena terletah di dataran rendah yang hijau dari pohon-pohon rindang dan datar antara lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur
Ilmi dan lokasi disekitarnya sehingga Di Sepanjang Tanah
Berdirinya MI Nur Ilmi Ada Parit Tersier Pemda sehingga tidak
memungkinkan air bertumpuk di satu lokasi.
Dalam sejarahnya lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur
Ilmi belum pernah mengalami terjadi bencana
alam lainnya seperti gempa bumi, angin puting peliung, letusan gunung
merapi, dan kebakaran hutan, karena itu lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi
sangat representatif dan kondusif untuk dijadikan tempat belajar bagi
masyarakat sekitarnya.
E. Peta lokasi keberadaan madrasah
F.
Keberadaan
madrasah dalam prospektif ekologis
1. Penjelasan tentang lokasi madrasah tidak
mengganggu lingkungan.
Sebagaimana
dijelaskan diatas bahwa lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi jauh dari
kebisingan kota begitupun pola hidup masyarakat sekitarnya tidak seperti pola
hidup masyarakat kota. Pola hidup masyarakat di lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur
Ilmi sangat kurang dalam menggunakan sumber daya alam dan harta pribadi. Mereka
menggunakan sumber daya alam dan harta pribadi sekedar memenuhi kebutuhan
mereka yang tidak banyak.
Lingkungan
sekitar lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi sangat ramah lingkungan dilihat
dari aktifitas penduduknya yang jauh dari kesibukan penggunaan transportasi
bermotor, sehingga udara di sekitar Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi 90% bersih
dari polusi, dan lingkungannya tidak tercemar limbah karena bukan daerah
industri dan bukan daerah pertambangan yang mengganggu ekosistem lingkungan
hidup dengan kegiatan penebangan pohon dan kebisingan alat-alat pertambangan
yang digunakan.
Penggunaan
energi di sekitar lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi hanya dalam sektor
transportasi dan rumah tangga. Energi yang digunakan dalam rumah tangga masih
rendah dilihat dari peralatan rumah tangga yang tidak banyak menggunakan energi
elektronik yang butuh listrik, gas dan batu bara. Dapat digambarkan kehidupan
penduduk sekitar sekitar lokasi Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi 80% berjalan
secara alami dengan maksud menjalani kehidupan mereka dengan cara yang
konsisten dengan keberlanjutan,
keseimbangan alam dan menghargai hubungan simbiosis antara manusia dengan ekologi dan siklus alam.
2. Apakah madrasah berada pada daerah resapan air
misalnya berada pada hutan lindung.
Keberadaan madrasah ibtidaiyah nur ilmi Dalam perspektif
ekologis
Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi di bangun dengan
memperhatikan ekosistem lingkungan sekitar agar terjadi interaksi konstruktif
dan saling mempengaruhi demi kebaikan satu sama lain. Pendirian Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi tidak menjadi gangguan fungsi satu atau beberapa unsur
dalam sistem yang akan memberi dampak negatif terhadap fungsi sub sistem yang
lain. Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi dan alam sekitar sebagai suatu sistem yang
membentuk suatu jaringan kehidupan. Posisi Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi tidak
mengabaikan peran makhluk lainnya, juga tidak memandang Madrasah Ibtidaiyah Nur
Ilmi berada di luar sistem, tetapi bagian dari suatu ekosistem. Keserasian
hubungan antara Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi dan lingkungannya dipelihara untuk
mempertahankan sistem ekologis.
Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi yang letak giografisnya di dataran Sedang dan pedesaan memiliki sumber daya alam
pertanian dan perkebunan serta kehutanan saat ini dan mendatang menjadi tumpuan
harapan penduduk. Pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi bertujuan memberikan
kontribusi pembangunan budaya, skill, dan ilmu pengetahuan melalui pendidikan
demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas yang bisa memanfaatkan
sumber daya alam dengan baik sehingga terjadi interaksi positif dan harmonis
antara manusia dan alamnya.
Berdirinya
Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi tidak menjadi gangguan yang menyebabkan perubahan
fungsi komponen-komponen linkungan hidup dan sumber daya alam lainnya. Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi memelihara proses ekologis yang esensial sebagai bagian
dari upaya keseimbangan ekosistem dan daya dukung lingkungan. Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi berkomitmen untuk memelihara dan melestarikan potensi
kekayaan sumber daya alam dan lingkungan dari berbagai macam ancaman.
Tanah
lokasi Sebelum di bangun gedung Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi digunakan untuk pertanian. Kemudian dibangun Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi yang terletak di antara area pemukiman penduduk, dapat di
gambarkan batas-batas lokasi sebagai berikut:
G.
Prospek
pendaftar
Dilihat
dari jumlah siswa pada jenjang pendidikan dibawahnya dan juga data ketersediaan
anak usia sekolah maka dapat rincian Sebagai berikut.
Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi terletak diantara Dua Kabupaten Yaitu Kab Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir. Yang
mana Kabupaten Indragiri Hilir
tersebut Jauh Menuju Sekolah Dasar
/ Madrasah Ibtidaiyah yang ada di wilayah itu, Dari MI Nur Ilmi Kearah
Perbatasan Kab Inhil
Berjarak 1 Km dari Tapal Batas (Gapura Batas Kabupaten) Inhil Ke Sekolah
SD Di wilayah Inhil berjarak 8 Km artinya
MI Nur Ilmi Bisa Mendapatkan setidaknya warga belajar yang ada di Indragiri Hilir 40 Orang Per
Tahun. Dengan Penjelasan Sebagai Berikut :
Ø Dari MI Nur Ilmi
Ke Arah Timur Dengan MIS Al-Ikhlas dan SDN 014 Tanjung Sari berjarak 4,5 Km
ditambah Harus Menyebarangi Sungai Seluas 280 M, dengan Biaya Pompong Pulang
Pergi Rp. 10.000,- / sekali menyeberang, dan tidak mungkin Anak Dari Desa Kuala
Mulia Bersekolah Di Seberang Sungai, dengan Ancaman Keselamatan, di tambah
Faktor Ekonomi Orang Tua yang Rata-rata Miskin
Ø Dari MI Nur Ilmi
Ke Arah Barat Dengan Persawahan dan
Kebun Penduduk
Ø Dari MI Nur Ilmi
Ke Arah Utara Dengan SD dan MI Kabupaten Indragiri Hilir berjarak 9 Km
Ø Dari MI Nur Ilmi
Ke Arah Selatan Dengan
sekolah-sekolah Setingkat SD:
v SDN. 006 Kuala Mulia Berjarak + 2 Km
v SDN. 003 Kuala Cenaku (Dekat Depan Pasar Kecamatan) Berjarak + 3 Km
v SDN. 005 Teluk Sungkai
Berjarak + 7 Km
v MIS. Nurul Jum’ah Desa Pulau Jum’at Dari Jalan Lintas
Masuk Jalan Kecil Sejauh 1 Km jadi jarak Total Berjarak +
4 Km
Lembaga pendidikan formal Yayasan Sari Jaya Ilmu yang akan menaungi Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi yang
menjadi tumpuan pendidikan bagi generasi penduduk kedua Kabupaten tersebut.
Rata-rata
pendidikan masyarakat kedua Kecamatan Kempas Dan Kuala
Cenaku adalah
Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Semua ini tidak lepas dari keadaan
ekonomi masyarakat yang tergolong menengah bawah dan kesadaran masyarakat akan
pentinyangnya pendidikan masih kurang. Jika dpresentasekan sebagai berikut; 15 % masyarakat lulusan Madrasah Ibtidaiyah. Di karenakan Jarak dan Mutu Sekolah Agama (MI) sangat di
perhitungkan Orang Tua.
Dari
data tersebut ketersediaan siswa yang akan mendaftar masuk ke Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi sangat mencukupi. Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi akan menjadi
tempat belajar bagi anak-anak yang akan
melanjutkan Ke Sekolah MI. Jumlah siswa yang akan di tampung di Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi 46 siswa/ Tahun . Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi berdiri di bawah
naungan Yayasan Sari Jaya Ilmu. Dan
siswa dari Kabupaten Terdekat.
H.
Kebutuhan
masyarakat terhadap lulusan
1. Kebutuhan masyarakat terhadap lulusan madrasah.
Untuk memberikan jaminan bahwa setiap warga
masyarakat Kertagena Daya dapat memperoleh pendidikan setinggi-tingginya, perlu
adanya pendidikan yang menampung lulusan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang
yang lebih tinggi dengan demikian seluruh
masyarakat akan mendapatkan kesempatan
untuk memperoleh pendidikan sesuai dengan cita-cita proklamasi yang dituangkan
di dalam pembukaan UUD 45 yaitu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Pasal 5 ayat(1) menyatakan : “Setiap warga negara mempunyai hak
yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”.
Untuk terpenuhinya hak tersebut masyarakat
memerlukan lembaga pendidikan yang bisa mendidik putra-putrinya dengan akses
yang lebih cepat, mudah dan murah. Dengan demikian masyarakat sangat apresiatif
terhadap didirikannya Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi. Masyarakat sekitar sangat membutuhkan madrasah yang dekat
agar dapat meringankan biaya putra-putrinya dan tidak kesulitan untuk pergi
sekolah. Adapun bentuk apreasi masyarakat sebagai berikut:
ü Masyarakat menghadiri pertemuan undangan dari sekolah.
ü Anggota madrasah menjadi pembicara di luar madrasah dengan
masyarakat.
ü Masyarakat menjadi pengurus organisasi di madrasah.
ü Madrasah menjadikan orang tua sebagai partner pendidik.
ü Menjalin komunikasi
yang interaktif antara masyarakat dan madrasah.
2. Dukungan masyarakat sekitar keberadaan lokasi madrasah
Unsur-unsur
masyarakat yang menjalin kerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Nur
Ilmi diantaranya adalah orang tua siswa,
warga, dan lembaga masyarakat sekitar madrasah, tokoh masyarakat, lembaga
agama, organisasi kemasyarakatan, pemerintah setempat, petugas keamanan dan
ketertiban, sesama lembaga madrasah dan sekolah, pengusaha, pedagang dan
industri. Oleh karena Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi berada di dalam masyarakat,
maka Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi siap merespon masukan dan umpan balik dari
masyarakat demi berlangsungnya pendirian Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi.
Keterlibatan orang tua sebagai bentuk peran
serta masyarakat itu dibentuk dalam wadah komite. Salah satu cara memfungsikan
masyarakat sebagai stakeholder tersebut adalah dengan menggunakan prinsip
perwakilan, yaitu memilih sejumlah kecil dari seluruh anggota masyarakat untuk
melaksanakan fungsi-fungsi kontrol, pemberi masukan, pemberi dukungan, serta
fungsi mediator antara masyarakat dengan lembaga-lembaga pendidikan.
I.
Demografi
anak usia sekolah dengan ketersediaan lembaga pendidikan formal
1. Gambaran perbandingan jumlah anak usia sekolah
didaerah sekitar lokasi madrasah dalam radius 6 km terhadap ketersediaan
lembaga pendidikan formal sederajat.
Untuk menjaga
keberlangsung kegiatan pendidikan saat sekarang dan masa yang akan datang maka Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi mengkaji demografi anak usia sekolah yang akan di tampung
di Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi.
Letak Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi ada di Perbatasan Kabupaten. Jadi anak didik yang masuk ke
Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi bermukim di dua Dua Kabupaten . Jumlah
penduduk Dari kedua Desa Kuala Mulia Saja ada 483
Kepala Keluarga dan 1150
(Seuai dengan Statistik Penduduk Desa Kuala Mulia) Jiwa sedang dari Desa
Bayas Jaya Kab Inhil berjumlah 437 jiwa,
terdiri dari 172 kepala keluarga. Dan rata Keluarga Orang
Tua Masih Usia Produktif.
Berdasar data kepala Desa Kuala Mulia jumlah anak sekolah dari tingkatan MI / SD berjumlah 138 jiwa. Dengan demikian jumlah anak usia sekolah dilokasi Madrasah
Ibtidaiyah Nur Ilmi dan SD di sekitarnya masih
masih mencukupi untuk ditampung dalam satuan pendidikan saat sekarang dan yang
akan datang. Diantara Kabupaten Indragiri Hilir tersebut tidak ada pendirian
lembaga pendidikan yang dekat dengan
Pemukiman Masyarakat kecuali
madrasah yang berada di bawah naungan Yayasan Sari Jaya Ilmu
termasuk Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi. Kendati demikian pendaftar yang masuk ke
Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi bukan hanya dari Desa-desa terdekat saja
bisa saja dari desa lain bahkan kabupaten lain, insya Allah kalau mutu
pendidikan yang kita berikan terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat
2. Madrasah mempunyai daya tampung peserta didik yang
mencukupi.
Pada
saat ini MI nur ilmi pada tahun pertama ini sanggup menampung maksimal 50 0rang
peserta didik dengan RKB yang dimiliki oleh yayasan saat ini, dengan berdirinya
MI nur ilmi ini bisa memberi akses yang mudah bagi masyarakat yang ingin
menyekolah kan Anaknya.
Gambaran
keadaan Anak yang akan bersekolah setiap tahunnya melebihi ratusan yang akan
bersekolah setiap tahunnya namun, karena susahnya aksen jalan ke sekolah yang
mereka masuki sehingga menumpuk hanya di beberapa sekolah yang membuat peserta
didik yang belajar tidak memperoleh hasil yang maksimal dari sekoah yang akan
di masukinya.
Gambaran umum Sekolah yang terdekat Dengan MI Nur
Ilmi dalam Radius 6 KM
dari berdirinya MI Nur Ilmi
1) Taman Kanak-Kanak (TK) sebanyak 2
Ø TK –AL HIDAYAH
Kuala Mulia
Ø TK- PERTIWI Kuala Cenaku
2) Sekolah Dasar (SD) sebanyak 4
Ø SDN.006
Kuala Mulia
Ø SDN.003
Kuala Cenaku
Ø SDN.007
Blok A Desa Suka Jadi (Seberang Sungai)
Ø SDN.013
Satu Atap Tanjung Sari (Seberang Sungai)
3) Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 2
Ø MIS Nurul Jum’ah Desa Pulau Jum’at
Ø MIS Al- Ikhlas Tanjung Sari (Seberang Sungai)
4) Sekolah Menengah Pertama (SMP)
sebanyak 1
Ø SMP N 1 Kuala Cenaku
5) Sekolah Menengah Pertama Satu Atap
(SMP SA) sebanyak 1
Ø SMP N 3 Satu
Atap Tanjung Sari
6) Madrasah Tsanawiyah (MTs.) sebanyak 2
Ø MTs HIDAYATULLAH Desa Kuala Mulia
Ø MTs Nurul Jum’ah Desa Pulau Jum’at
7) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
sebanyak 1
Ø SMK N 1 Kuala Cenaku
J.
Penutup
Dapat
kami ambil kesimpulan Dalam beberapa hal yang menjadi latar belakang
berdirinya lembaga MI. Nur
Ilmi ini maka sangat dimungkinkan keberadaan MI Nur
Ilmi menjadi sebuah lembaga pendidikan yang keberadaannnya
benar-benar mencerdaskan anak bangsa dan mencetak SDM yang kompeten serta
memberi peluang sekaligus mewadahi bagi siswa-siswi lulusan TK atau
yang sederajat dengan latar belakang ekonomi menengah kebawah yang nantinya
bisa diharapkan menjadi siswa-siswi yang berimtaq dan beriptek yang siap
bersaing dengan lulusan lembaga lain.
Demikian pengajuan proposal idzin operasional
pendirian Madrasah Ibtidaiyah Nur Ilmi Desa Kuala Mulia Kecamatan
Kuala Cenaku Kab, Inhu, dengan dukungan dan partisipasi semua pihak
sangat kami harapkan demi kelancaran dan tercapainya rencana yang dimaksud.
Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.
|
KETUA / PENANGGUNG JAWAB
Yayasan Sari Jaya ilmu
M. SYARIFUL ILMI, S.Pd.I
|
|
Kuala Cenaku, 29 Juli 2015
KEPALA
Madrasah Ibtidaiyah. Nur
Ilmi
A R K
A D I U S ,
S.Pd
|
.
KANTOR CAMAT KUALA CENAKU
Jalan Lintas-Rengat
Tembilahan Km. 18 Kode Pos. 29351
SURAT
REKOMENDASI
NOMOR :
..................................................
Yang bertanda tangan dibawah ini Camat , Kecamatan Kuala Cenaku,
Kabupaten Indragiri Hulu memberikan rekomondasi kepada :
Nama : ARKADIUS
Jabatan :
Kepala MI Nur Ilmi Kecamatan Kuala Cenaku
Yayasan Penyelenggara :
Yayasan Sari Jaya Ilmu (YSJI)
Akta Notaris No :
62 Tanggal 19 Juni 2015
SK Mentri Hukum dan HAM :
AHU-0008588.AH.01.04
Alamat : Jl. Lintas Rengat-Tembilahan Km 23 RT/RW. 002/005
Dusun Mekar Sari Desa Kuala Mulia Kec.Kuala
Cenaku
Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau
Untuk Membuat Izin Operasional Dari Kementrian
Agama Wilayah Propinsi Riau Karena Berdasarkan Permohonan dari Yayasan
Sari Jaya Ilmu dengan memperhatikan
dokumen yang diajukan dan Data Yang Kami Terima Telah Memenuhi Syarat.
Demikian Rekomondasi Ini Kami Buat Agar Dapat
Dipergunakan Sebagaimana Mestinya.
Kuala Cenaku, 05 Agustus
2015
CAMAT KUALA CENAKU
WAGIMAN, S.E, Msi
NIP. 19620907 199003 1 005
KECAMATAN KUALA
CENAKU
KANTOR DESA
KUALA MULIA
Jalan Lintas
Rengat-Tembilahan, KM. 22
Kuala
Mulia
Kode Pos. 29351
SURAT
REKOMENDASI
NOMOR :
..................................................
Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Kuala Mulia,
Kecamatan Kuala Cenaku,
Kabupaten Indragiri Hulu memberikan rekomondasi kepada :
Nama : ARKADIUS
Jabatan :
Kepala MI Nur Ilmi Kecamatan Kuala Cenaku
Yayasan Penyelenggara :
Yayasan Sari Jaya Ilmu (YSJI)
Akta Notaris No :
62 Tanggal 19 Juni 2015
SK Mentri Hukum dan HAM :
AHU-0008588.AH.01.04
Alamat : Jl. Lintas Rengat-Tembilahan Km 23 RT/RW. 002/005
Dusun Mekar Sari Desa Kuala Mulia Kec.Kuala
Cenaku
Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau
Untuk Membuat Izin Operasional Dari Kementrian
Agama Wilayah Propinsi Riau Karena Berdasarkan Permohonan dari Yayasan
Sari Jaya Ilmu dengan memperhatikan
dokumen yang diajukan dan Data Yang Kami Terima Telah Memenuhi Syarat.
Demikian Rekomondasi Ini Kami Buat Agar Dapat
Dipergunakan Sebagaimana Mestinya.
Kuala Mulia, 24 Agustus
2015
KEPALA DESA KUALA
MULIA
S U R
O T O , SE
KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KUALA CENAKU
Jalan Lintas-Rengat
Tembilahan
KUALA CENAKU
Kode Pos. 29351
SURAT
REKOMENDASI
NOMOR : Kk.04.1/10/PW.01/ ...... /2015
Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Kantor Urusan Agama ,
Kecamatan Kuala Cenaku,
Kabupaten Indragiri Hulu memberikan rekomondasi kepada :
Nama : ARKADIUS
Jabatan :
Kepala MI Nur Ilmi Kecamatan Kuala Cenaku
Yayasan Penyelenggara :
Yayasan Sari Jaya Ilmu (YSJI)
Akta Notaris No :
62 Tanggal 19 Juni 2015
SK Mentri Hukum dan HAM :
AHU-0008588.AH.01.04
Alamat : Jl. Lintas Rengat-Tembilahan Km 23 RT/RW. 002/005
Dusun Mekar Sari Desa Kuala Mulia Kec.Kuala
Cenaku
Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau
Untuk Membuat Izin Operasional Dari Kementrian
Agama Wilayah Propinsi Riau Karena Berdasarkan Permohonan dari Yayasan
Sari Jaya Ilmu dengan memperhatikan
dokumen yang diajukan dan Data Yang Kami Terima Telah Memenuhi Syarat.
Demikian Rekomondasi Ini Kami Buat Agar Dapat
Dipergunakan Sebagaimana Mestinya.
Dikeluarkan di : Kuala Cenaku
Pada Tanggal : 05 Agustus 2015
KEPALA
KANTOR URUSAN
AGAMA
Kecamatan Kuala
Cenaku
A . R A Z A
K , S.Ag
NIP. 19710616 200003 1 004
PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU
DINAS
PENDIDIKAN
UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS
KECAMATAN
KUALA CENAKU
Alamat
: Jalan
Lintas Rengat-Tembilahan, KM. 18 Kode Pos. 29351
SURAT
REKOMENDASI
NOMOR : ....../2015/UPTD-KC/421
Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala UPT Dinas Pendidikan,
Kecamatan Kuala Cenaku,
Kabupaten Indragiri Hulu memberikan rekomondasi kepada :
Nama : ARKADIUS
Jabatan :
Kepala MI Nur Ilmi Kecamatan Kuala Cenaku
Yayasan Penyelenggara :
Yayasan Sari Jaya Ilmu (YSJI)
Akta Notaris No :
62 Tanggal 19 Juni 2015
SK Mentri Hukum dan HAM :
AHU-0008588.AH.01.04
Alamat : Jl. Lintas Rengat-Tembilahan Km 23 RT/RW. 002/005
Dusun Mekar Sari Desa Kuala Mulia Kec.Kuala
Cenaku
Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau
Untuk Membuat Izin Operasional Dari Kementrian
Agama Wilayah Propinsi Riau Karena Berdasarkan Permohonan dari Yayasan
Sari Jaya Ilmu dengan memperhatikan
dokumen yang diajukan dan Data Yang Kami Terima Telah Memenuhi Syarat.
Demikian Rekomondasi Ini Kami sampaikan Pihak yang berwenang Agar
Dapat Dipergunakan Sebagaimana Mestinya.
Kuala Cenaku, 24 Agustus 2015
Kepala UPT Dinas Pendidikan
Kec. Kuala Cenaku
SAMSAWIR, S.Pd
NIP. 1963 1231 198409 1007




Posting Komentar
mohon beri komentar ya